Semua tentang telur ayam

Anda mungkin pernah mendengar pepatah, “Apa yang lebih dulu, ayam atau telur?” Yah, kita mungkin tidak akan pernah tahu apa jawabannya, tetapi kita bisa mempelajari semua yang kita bisa tentang ayam dan telur. Dalam kasus kami, kami akan membahas telur ayam. Saya di sini untuk menjawab semua pertanyaan yang Anda miliki mengenai topik ini.

Kemudian, duduk dan bersiaplah untuk mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang telur ayam.

Anatomi telur ayam

Kebanyakan orang menggeneralisasi bagian-bagian telur menjadi hanya tiga bagian; Kulitnya, albumin dan kuningnya. Namun, Anda akan terkejut mengetahui bahwa ini bukan satu-satunya bagian. Ada banyak komponen yang membuat telur ayam apa adanya. Berikut adalah anatomi lengkap telur ayam.

Anda mungkin pernah mendengar pepatah, “Apa yang lebih dulu, ayam atau telur?” Yah, kita mungkin tidak akan pernah tahu apa jawabannya, tetapi kita bisa belajar sebanyak mungkin tentang ayam dan telur. Dalam kasus kami, kami akan membahas telur ayam. Saya di sini untuk menjawab semua pertanyaan yang Anda miliki mengenai topik ini.

Anatomi telur ayam

Kebanyakan orang menggeneralisasi bagian-bagian telur menjadi hanya tiga bagian; Kulitnya, albumin dan kuningnya. Namun, Anda akan terkejut mengetahui bahwa ini bukan satu-satunya bagian. Ada banyak komponen yang membuat telur ayam apa adanya. Berikut adalah anatomi lengkap telur ayam.

1. Berbunga atau kutikula.

Kutikula atau pembungaan sebenarnya adalah lapisan luar yang lebih tipis dari sekam yang mencegah debu dan bakteri. Ini dilakukan dengan menyegel pori-pori shell. Dengan melakukan ini, kutikula juga mengurangi hilangnya kelembaban di dalam telur.

2. Kulit telur.

Kulit telur adalah bagian terluar telur yang keras. Inilah yang mengandung warna luar telur seperti yang kita lihat. Ini terdiri dari kristal kalsium karbonat dan memiliki tekstur kasar.

Shell ditutupi oleh sekitar 17.000 pori-pori kecil, yang membuatnya semipermeabel. Semipermeabilitas memungkinkan udara dan kelembaban melewati cangkang.

3. Membran kulit luar dan dalam

Kedua membran ini ditemukan segera setelah cangkang di sisi dalam telur. Keduanya sebagian terbuat dari keratin. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi telur dari invasi bakteri.

4. sel udara

Ketika telur diletakkan, biasanya hangat. Setelah dingin, membran luar dan dalam casing terpisah membentuk sel udara. Sel udara biasanya terbentuk di ujung telur yang lebih besar. Sel udara ini adalah apa yang biasanya terlihat seperti kawah di ujung telur yang dimasak. Ukuran sel udara meningkat seiring bertambahnya usia sel telur.

5. Chalaza.

Chalaza atau chalazae adalah string spiral buram putih telur. Mereka adalah orang-orang yang menjaga kuning telur di tempatnya di tengah-tengah telur. Telur segar memiliki chalazae yang lebih menonjol.

6. Albumin.

Kata albumin berasal dari kata Latin albus yang berarti putih. Secara umum, albumin sebagian besar terdiri dari air dan mengandung sekitar 40 jenis protein berbeda. Albumin memiliki dua lapisan; Albumin luar dan albumin dalam. Albumin eksternal atau eksternal adalah lapisan cairan sempit yang berdekatan dengan membran cangkang dan biasanya sangat tipis.

Albumin dalam atau dalam cukup tebal dan ditemukan di sebelah kuning telur. Ini mengandung sejumlah besar riboflavin. Telur berkualitas tinggi umumnya memiliki albumin dalam yang jauh lebih sedikit dan biasanya dalam posisi yang lebih tinggi. Dalam telur berkualitas rendah, albumin bagian dalam tampaknya berwarna putih halus.

7. Selaput vitelline.

Ini adalah amplop transparan yang menutupi kuning telur. Itu terletak di antara kuning telur dan albumin dalam.

8. Kernel calo.

Ini adalah colokan tunas keputihan yang tidak benar-benar memiliki tujuan khusus yang diketahui.

9. Disk germinal.

Disk germinal adalah bercak putih kecil yang melingkar di ruang angkasa. Ini sebenarnya 2 sampai 3 mm dan ditemukan di permukaan kuning telur. Di sinilah sperma memasuki sel telur. Embrio mulai tumbuh di cakram germinal dan kemudian secara bertahap mengirim pembuluh darah ke tunas untuk mendapatkan nutrisi untuk pertumbuhan.

10. Kuning telur.

About the author

admin123

View all posts